A DAY MADE OF GLASS




Video ini memperlihatkan konsep teknologi display masa depan yang menggunakan display glass mulai dari tv, kulkas, dapur, smartphone, billboard, flexible display, hingga portable display. Video ini dibuat oleh CORNING perusahaan teknologi yang khusus memproduksi teknologi display seperti Gorilla Glass. Di dalam video A Day Made of Glass, Corning mengedepankan bahwa  pandangan masa depan yangmereka miliki merupakan sesuatu yang diharapkan bisa terjadi di dalam waktu dekat atau mereka menyebutnya dengan istilah “near future”.

Di dalam video ini juga dikedepankan penggunaan layar sentuh pada kaca yang interaktif agar dapat memudahkan penggunaan kaca sebagai media atau alat komunikasi. Globalisasi mendorong adanya kemajuan teknologi khususnya di bidang informasi dan komunikasi dan menjadikan dunia sebagai suatu pasar tunggal bersama. Kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi semakin memperlihatkan  perkembangannya dan bahkan memengaruhi meliputi aspek ekonomi, sosial, budaya, hukum, agama, dan politik. Perkembangan teknologi tersebut jika dimanfaatkan secara tepat akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat suatu bangsa. Jumlah  penduduk Indonesia yang lebih dari dua ratus juta jiwa, membuat Indonesia sebagai lahan bisnis bagi para produsen alat teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu inovasi teknologi informasi dan komunikasi yang sedang sangat populer di Indonesia adalah teknologi Layar sentuh atau (touch screen) pada suatu alat telekomunikasi. Teknologi ini disukai karena memudahkan pengguna dalam memberikan instruksi kepada device yang mereka miliki, hanya melalui sentuhan tanpa harus menekan tombol-tombol apapun. Berbicara tentang teknologi Layar Sentuh atau (touch screen),  berkembangnya teknologi tersebut akhir-akhir ini membuat para produsen alat telekomunikasi saling berlomba untuk mengaplikasikan teknologi tersebut pada 
Konsep Made Of Glass merupakan inovasi dari teknologi digital signage, teknologi digital signage merupakan bentuk dari suatu perangkat elektronik yang di atur oleh suatu sistem computer baik secara otomatis maupun dapat dikontrol oleh manusia.

Digital Signage

Digital Signage merupakan media baru untuk penyampaian pesan, informasi maupun promosi yang terarah (narrowcast) kepada khalayak secara tepat dalam waktu yang singkat. Dengan menggabungkan teknologi display (Plasma atau LCD), IT yang terintegrasi dan konten yang dinamis.  

Cara Kerja Digital Signage
Dinamis dan dikelola secara terpusat. Isi pesan yang fleksibel, dapat dengan mudah diubah sesuai dengan tren dan penawaran-penawaran spesial. Perubahan isi iklan dapat dilakukan secara seketika di seluruh jaringan atau segment jaringan digital signage melalui pusat pengolahan dokumen (Document Operation Centre). Menghibur. Pesan yang disampaikan oleh digital signage yang melibatkan target audiens dapat memberikan pengalaman yang berkesan.
Informatif dan berkesinambungan. Digital signage dapat mempengaruhi konsumen potensial untuk memilih suatu produk tertentu dan dapat memberikan kemungkinan tindak lanjut yang dapat dikembangkan secara tidak terbatas dengan memanfaatkan QR Code dan teknologi interaktif digital lainnya.

Kelebihan Digital Signage

  • Secara visual lebih menarik dan dapat menyampaikan informasi secara lebih dinamis dan informatif dibandingkan dengan materi pemasaran yang statis (gambar cetak).
  • Menekan biaya yang berhubungan dengan produksi seperti mencetak dan proses distribusi katalog.
  • Pembaharuan material pemasaran dapat dilakukan dalam waktu singkat dan dapat langsung didistribusikan secara real-time.
  • Materi publikasi dapat disesuaikan dengan target audience baik dalam waktu penayangan,
  • Bahasa (localization) maupun gaya penyampaian yang disesuaikan dengan kultur dan budaya setempat.
  • Lebih ramah lingkungan karena tidak memerlukan bahan kertas dan hemat energi.
  • Digital Signage dapat menayangkan banyak iklan sekaligus sehingga tidak memakan tempat. Disamping itu, materi iklan dapat diganti dalam waktu singkat, tampilan iklan lebih meriah, bergerak, dan tidak monoton. Dengan menggunakan Digital Signage tayangan iklan menjadi lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kondisi dilapangan.
  • Media ini mengaplikasikan teknologi yang memiliki visual impact tinggi dengan biaya relatif murah dan hemat listrik serta pengiklan dapat mengontrol tampilan iklan dan menyesuaikan khalayak yang diinginkan.
  • Kemampuan menampilkan gambar gerak dan audio, animasi, memungkinkan adanya cerita yang menarik. 
Penerapan Digital Signage

Digital signage, seperti halnya media iklan lainnya ditempatkan umumnya pada pusat-pusat kegiatan dimana orang-orang berkumpul seperti pusat-pusat perbelanjaan, hotel, restoran, gedung perkantoran untuk mempromosikan produk, pelayanan dan meningkatkan komunikasi dengan pelanggan atau karyawan.

 "A Day Made Of Glass" merupakan suatu konsep dimana aktivitas keseharian manusia ditunjang melalui suatu teknologi yang berbasis digital signage dengan material dasarnya adalah kaca.
teknologi ini tentunya terintegrasi dengan suatu sistem smartphone yang dimilikinya yang kemudian tersambung pada kaca tersebut, hal ini dapat menunjukkan konsep digital signage yang dapat di atur oleh manusia tersebut.

Dampaknya Terhadap Kehidupan

  • Dapat mengubah pola aktivitas manusia yang cenderung lebih dinamis dan produktif kedepannya.
  • Menunjang perekonomian dari suatu wilayah seperti diperkotaan.
  • Kesehatan manusia terganggu karena gelombang elektromagnetik yang dihasilkannya.
Kesimpulan

Dengan adanya "A Day Made Of Glass" kehidupan manusia menjadi lebih efisien, dan praktis dalam melakukan berbagai aktivitas.

Komentar